army n’ the soldier on keep the truth alive

Vespa Excel 150cc (1995) #SFTER

14632967_1124353247601708_3283412906886783850_n

SFTER Office – Si biru kusam menawan ini lansiran 1995. Hampir semuanya serba standar mendekati original, tentunya sektor mesin sendiri telah alami proses restorasi dengan mengganti beberapa spare part yang sifatnya fast moving, semisal kampas kopling original danmotor, kampas rem original danmotor, kuningan atau clutch set made in vesgio, flasher sein made in vifo dan sebagainya.

14650315_1124354420934924_5348463848321218480_n

At least motor ini sendiri mimin gunakan sehari-hari dan termasuk irit bensin, karena konsumsi bahan bakar sendiri tercatat hanya menghabiskan 1 liter bensin untuk jarak tempuh 35 kilometer (riding stop and go) dalam rute perkotaan. Hemat mimin sendiri, 35km/liter termasuk cukup irit dan masuk akal, mengingat si biru ini lansiran tahun 1995 dan memiliki mesin jenis 2 langkah (2 tak) dengan kubikasi 150cc.

14581356_1124351834268516_5133760710324976771_n

Untuk impresi dan tips menarik lainnya, InsyaAllah akan coba mimin bahas pada postingan selanjutnya. Salam satu vespa sejuta saudara, jangan lupa tetap respect each other dan utamakan mendoakan kebaikan untuk kedua orangtua serta seluruh umat muslim dimuka bumi ini, Aamiin jayalah Indonesia !!! We are sounds from the excel rider  #SFTER #soundsfromtheexcelrider #sparepartvespaexcel #adminmagangtaplaxmeja

14642040_1124352194268480_1839216896224902474_n

 

Dinas Catatan Scooter Dunia Taplaxmeja #SFTER

14639666_1129528437084189_1120439131969545778_n

BBC : Dinas Catatan Scooter Dunia Taplaxmeja
(Bukan Berita Clothing – Discount)

SFTER Office : Selamat pagi excel rider, semoga rider semuanya sehat selalu dimanapun kalian berada, Aamiin… Untuk kesekian kalinya kita akan kembali mengulas sodara kembar serupa tapi tak semuanya sama. Yupz, belakangan Vespa T5 lagi-lagi jadi perbincangan hangat dibeberapa forum kevespaan tanah air. Tentunya tidak sedikit rider yang masih bingung mengenai salah satu line up produk vespa yang notabene hanya dijual didaratan eropa sana ini, terlebih meski sama-sama memiliki bentuk fisik yang mirip Vespa Excel lansiran PT. Danmotor Vespa Indonesia (DMVI).

pic_vespa_5537
Vespa T5 nyatanya hanya dijual khususnya di benua eropa. Klopun ditengarai telah ditemukan adanya jejak populasi unit original Vespa T5 di tanah air, bukan tidak mungkin jenis vespa tersebut merupakan Vespa T5 kubikasi 125cc dengan riwayat hidup tertulis barang built up atau dibeli perorangan via importir umum medio 1985-1990.

pic_vespa_tw02
At least’ sesuai data yang admin magang taplaxmeja himpun dari berbagai sumber di blogsphere khususnya area megayudhasparklinc.wordpress.com . Vespa T5 sendiri ditakdirkan memiliki kode mesin VNX5T-XXXXX, dimana kode mesin tersebut sangat berbeda jauh dengan kode mesin Vespa Excel yang didapuk ditakdirkan lahir dengan dibekali kode mesin VLXIM-XXXXX.

Berbicara mengenai market vespa di benua eropa sendiri. Tercatat Vespa T5 ini telah diproduksi sebanyak lebih dari 40.000 unit dan sukses dijual ke beberapa negara semisal Inggris, Spanyol, Belanda dan negara lainnya selama rentang waktu 1985-1990.
Dan sesuai data yang diperoleh oleh Dinas Catatan Scooter Dunia Taplaxmeja atau biasa disingkat DISCOUNT, T5 sendiri lahir dengan nama lengkap Vespa PX 125-T5. Sementara makna artifisial dari T5 disini, merupakan akronim dari “5 Transfer / Transfer 5” yang menunjukkan jumlah lubang buang pada port silinder head dari vespa yang juga dikenal memiliki nama tenar “pole position” ini.

b1335122-c5c4-4c27-b0d8-df846f6b86d7
Menariknya ialah tekhnologi bentuk lubang port silinder head yang berjumlah 5 ini, justru pada akhirnya disematkan pada produk Vespa Spartan 200 & Vespa Excel 200 lansiran PT. DMVI, dimana keduanya mengusung mesin dengan kubikasi 200cc dan dikenal khalayak umum sebagai “duet maut vespa monster” garapan PT. Danmotor Vespa Indonesia yang memang melakukan Join Venture dengan Piaggio Vespa Italy sejak tahun 1970an.

The last but not least, kesimpulannya ialah bentuk fisik dari Vespa T5 ini memang dijadikan role model oleh PT. DMVI, ketika mereka mulai memproduksi vespa excel yang dijual di pangsa pasar sepeda motor indonesia sampai akhir 2007 silam. Finally, kisah vespa kembar identik, serupa tapi tak semuanya sama ini pun memang beneran nyata dan benar adanya.

13277653_1640811102910839_386967563_n

Semoga informasi penting gak penting, tergantung dari sudut pandang pemikiran masing-masing pembaca ini bermanfaat. Mohon dimaafkan apabila ada salah-salah kata ataupun data… Jangan lupa belanja spare part di fanpage kami yah  https://www.facebook.com/sparepartvespaexcel/  … Jayalah scooterist Indonesia, jangan lupa tetap utamakan rendah hati, because we are sounds from the excel rider… #sparepartvespaexcel#SFTER #vespaT5 #vespaexcel

ciri-ciri dari adanya kegagalan sistem kelistrikan pada sebuah vespa excel

14925315_1147370525299980_1712497346418653329_n
SFTER Office – Selamat malam excel rider, pada kesempatan kali ini mimin akan sedikit membahas mengenai kelistrikan vespa excel.

Sebelumnya mimin tak lupa mendoakan agar kita semua diberikan sehat wal’afiat dan senantiasa diberi banyak kemudahan oleh Maha Besar Allah SWT, dimanapun kalian semua berada, Aamiin.

Laju motor terasa tersendat-sendat pada putaran tertentu merupakan salah satu indikasi atau ciri dari adanya kegagalan sistem kelistrikan pada sebuah kendaraan bermotor. Masalah pada sistem kelistrikan pada sebuah kendaraan sendiri tentunya diakibatkan oleh banyak faktor dan terlepas dari semua itu berikut ini ialah beberapa ciri-ciri yang rider rasakan, apabila motor yang dikendarai mengalami masalah pada sistem kelistrikannya.

Let’s check this out excel rider and keep the truth alive dimanapun kalian berada, keep stay tuned with admin magang taplaxmeja.

stator
1. Laju motor tersendat-sendat.

Pertama yaitu ketika merasakan adanya gejala motor tersendat-sendat atau terasa berjalan ndut-ndutan ini dapat disebabkan oleh gabungan masalah dari faktor pengapian dan juga sistem kelistrikan.

Timing pengapian yang tidak tepat pun dapat menyebabkan kendaraan terasa tersendat-sendat lajunya, oleh sebab itu biasakanlah untuk set-up ulang timing pengapian ketika menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan tinggi semisal pertamax.

Pencegahan secara paling sederhana dalam kasus ini, kalian bisa memperbanyak oli samping diatas takaran normal (1L premium : 20ml oli samping), ketika ingin menggunakan pertamax untuk aktifitas berkendara sehari-hari.

Artinya kalian disarankan menambah takaran oli samping diatas normal atau (1L : 25/30ml) apabila vespa harian kita meminum pertamax. Hal ini semata-mata agar kinerja mesin senantias optimal, dengan suhu mesin yang tetap terjaga dan menghindari gejala overheat saat kendaraan dipacu dijalan raya.

Tentunya selain hal tersebut diatas, motor yang terasa berjalan ndut-ndutan ini sendiri bisa disebabkan oleh faktor spul cdi yang sudah aus atau bahkan dikarenakan adanya kerusakan pada komponen microchip cdi unitnya.

20-200
2. Bohlam lampu sering putus.

Kemudian yang kedua yaitu gejala sering padam/putusnya beberapa bohlam lampu merupakan salah satu indikasi dari kegagalan sistem kelistrikan pada sebuah kendaraan bermotor.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan adanya kerusakan pada regulator atau kiprok. Secara teknis adanya kelebihan arus listrik yang berlebih ini tidak dapat disalurkan/diredam oleh kiprok dengan baik ke aki, sehingga pada akhirnya beberapa arus berlebih tersebut langsung menuju ke bohlam lampu dan mengalami putus secara tiba-tiba.

tombol-starter-vespa-excel-32-400
3. Starter & klakson tidak menyala.

Selanjutnya yaitu mengenai gejala starter serta klakson yang kadang berfungsi hidup atau bahkan sesekali mati ini seringkali didiamkan oleh para pemilik kendaraan bermotor. Pada umumnya rider akan menganggap hal ini merupakan hal kecil yang tidak berpengaruh besar pada sebuah kendaraan.

Padahal, gejala ini merupakan indikasi dari adanya kabel yang bermasalah dan juga bisa diakibatkan oleh aki yang masa pakainya sudah habis.

Tentunya hal yang terlihat sepele atau kecil ini justru berubah membesar, dimana tanpa kita sadari pada akhirnya rentetan permasalah tersebut pada akhirnya justru hanya akan mempersulit kita ketika berkendara.

Jadi biasakanlah mengecek keadaan aki, dimulai dari hal yang kecil semisal membersihkan kutub positif dan kutub negatif pada aki secara berkala. At least mengecek ketinggian aki agar senantiasa normal merupakan tindakan preventif yang sudah seharusnya kita utamakan, agar kinerja dari kendaraan kita selalu optimal mendekati standar yang dikeluarkan oleh pabrikan sepeda motor.

vespa-px-200-motor
4. Mesin tiba-tiba mati saat dikendarai.

Dan yang terakhir yaitu apabila mesin tiba-tiba mati pada saat dikendaraai dalam posisi temperatur dan putaran mesin meningkat merupakan salah satu ciri dari adanya kegagalan dalam sistem kelistrikan sebuah kendaraan bermotor.

Gejala tersebut merupakan indikasi dari koil yang lemah atau tanda-tanda koil wajib diganti dengan yang baru. Secara teknis, koil sendiri bertugas melipatgandakan tegangan dari sepul dan aki yang akan menuju busi dalam upaya proses pembakaran.

Ketika koil didiagnosa memiliki tegangan yang sudah lemah, maka secara paralel kinerja dari busi pun tidak akan bekerja maksimal atau dalam hal ini busi tidak menghasilkan lentikan api yang jauh, sehingga kendaraan susah untuk dihidupkan meski telah diselah atau distarter selama berkali-kali.

Pada poin terakhir ini dimana mengenai permasalahan koil vespa, gejala awal yang dialami jika koil sudah lemah biasanya yaitu ketika kita mengendarai dari putaran bawah menuju putaran atas, dimana gas diurut perlahan sampai kepada peak performance dari gigi 1, 2, 3 sampai ke gigi 4.

Biasanya pada saat kita gigi 4 atau ketika kita mencapai putaran atas mesin motor umumnya langsung mati atau mendadak ngejammed secara tiba-tiba. Secara reflek, disini para rider umumnya langsung menarik tuas kopling seraya mengerem perlahan, sebelum akhirnya meminggirkan vespanya pada bahu jalan.

Apabila setelah berhenti beberapa detik, lalu motor sangat mudah dihidupkan kembali baik distarter ataupun dengan cara menggunakan kick starter, berarti hampir pasti itu merupakan ciri dari koil yang sudah lemah dan diwajibkan ganti.

Karena jika mendadak mati dikarenakan kurangnya pelumasan dari oli samping, perihal buruknya oli samping, dikarenakan iritnya bahan bakar atau bahkan dikarenakan hilangnya kompresi akibat kondisi piston dan ring yang sudah aus kemakan usia. Pada umumnya motor akan sulit hidup dalam waktu yang cepat.

Artinya apabila gejala mesin tiba-tiba mati mendadak, namun dalam sepersekian detik kemudian bisa langsung hidup normal kembali, hal itu pada umumnya diakibatkan karena adanya permasalahan pada koil yang sudah lemah.

Secara sederhana ketika mesin pada putaran atas atau menuju ke titik peak performance. Ledakan api yang besar dari magnet spul, tidak dapat dihantarkan secara maksimal oleh koil yang menuju busi, ketidakstabilan inilah yang akhirnya membuat mesin mendadak mati.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat, jangan lupa tetap rendah hati dan mengutamakan safety riding, ketika mengendarai vespa dimanapun kalian berada. The last but not least, In the name of Allah SWT, have a good time for everyone, respect each other dan jayalah Indonesia, Aamiin…

#SFTER #Soundsfromtheexcelrider#sparepartvespaexcel #JayalahIndonesia

Halogen Vespa Excel

pic_vespa_7485

SFTER Office – Untuk kendaraan yang diproduksi medio 1980an akhir, si kepala kotak ala robot ini cukup memberikan pesona tersendiri, tidak hanya cukup membuat para penikmatnya geleng-geleng kepala, jika merunut sejarah mengenai beberapa spare part yang digunakan oleh motor dengan kubikasi 150cc genre 2 Tak lansiran piaggio vespa ini.

Seperti halnya dalam sektor pencahayaan atau lampu utama dari motor yang memiliki varian 150cc & 200cc ini. Disini excel series dibekali dengan headlamp halogen yang memiliki kode lampu H4 dengan ukuran voltase watt 12V-45/40W.

Bohlam dengan jenis serupa tapi tak sama dengan watt yang sedikit berbeda dapat juga kita temui pada varian motor tipe premium lansiran made in japan, semisal honda cbr250 dan juga kawasaki klx250.

Pastinya bohlam dengan kode H4 ini memiliki tingkat pencahayaan dan panas yang jauh lebih tinggi daripada bohlam konvensional ataupun juga dengan bohlam HS1 sekalipun yang notabene memiliki bentuk soket dan jumlah terminal yang sama dengan bohlam tipe H4.

thumb_vespa_3879

Lantas apa saja perbedaan antara bohlam tipe H4 dan juga HS1 yang kini banyak dijumpai pada kendaraan modern dewasa ini ???

Perbedaan mendasar dari keduanya sendiri, salah satunya ada pada bentuk penampang ujung lampunya. Dimana pada tipe bohlam H4 pada bentuk ujungnya terlihat jauh lebih pendek dan sedikit membulat, dibandingkan dengan kepala dari bohlam tipe HS1 yang didesign memiliki ujung lampu dengan bentuk fisik lebih runcing.

Kemudian perbedaan pada poin berikutnya yaitu ada pada voltase watt-nya. Dimana bohlam HS1 ini didesign khusus untuk motor dengan daya 35/35 watt atau dibawahnya. Sementara bohlam H4 sendiri, didesign khusus untuk dapat diaplikasikan pada motor yang memiliki daya 45/40 watt sampai diatasnya atau rata-rata sampai dengan 60/55 watt.

856219_d69c9fcf-a320-4493-be69-954a00aa8dcf

Maka dari itu sangat tidak dianjurkan apabila motor yang telah didesign suatu pabrikan sepeda motor yang dibekali dengan bohlam HS1, kemudian diganti dengan bohlam tipe H4. Karena jika dipaksakan untuk diterapkan, pada umumnya panas yang dihasilkan dari bohlam H4 akan dengan sangat mudah membuat reflektor dari HS1 meleleh dan bahkan bukan tidak mungkin bisa berpotensi terbakar.

Oleh sebab itu, beberapa sepeda motor yang didesign suatu pabrikan telah dipersenjatai dengan bohlam H4 langsung dari pabriknya, rata-rata memiliki ciri bentuk reflektor yang lebih tebal agar mampu menahan panas. Selain itu, beberapa pabrikan sepeda motor juga melengkapinya dengan mendesign reflektor yang dilapisi pelat berlapis coating krom. Hal itu sendiri dilakukan semata-mata agar reflektor tersebut benar-benar memiliki kemampuan yang kuat dalam menahan suhu panas yang dihasilkan oleh bohlam tipe H4 tersebut.

20-200

Selain dibekali dengan reflektor yang kuat dan tebal. Pada umumnya mika rumah lampu dari motor yang mengaplikasi bohlam tipe H4, rata-rata memiliki dimensi ruang yang besar, serta memiliki penampang berbahan kaca atau biasa kita sebut juga beling, semata-mata agar headlamp set mampu menahan panas yang dihasilkan oleh bohlam H4.

Bagaimana…??? jadi tahu dan kini lebih mengetahui kan, mengenai beberapa keunikan dari vespa excel lansiran piaggio ini ? Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf diatas, vespa excel ini meski diciptakan medio 1980an akhir, nyatanya telah dibekali dengan sistem pencahayaan yang bisa diandalkan, bahkan setara dengan lampu-lampu motor premium jenis sport dan adventure lansiran pabrikan tetangga sebelah.

How cool is that everybody’… Vespa menerapkan lampu H4 pada jenis motor yang dilaunching 1980an akhir silam, sementara pabrikan tetangga justru baru menerapkannya medio pertengahan 1990an. Terbukti kan, karena rasa dari eropa memang tak pernah bohong, dimana slogan “Lebih baik naik vespa itu memang nyatanya terbukti exceed your expectation…”.

The last but not least, jangan lupa bahagia dengan senantiasa melaksanakan ibadah hanya kepada Maha Besar Allah SWT.
Kemudian utamakan safety riding dan menghargai sesama pengguna jalan raya, tidak hanya selalu mendoakan para oknum pemimpin bangsa yang pongah, serta terbiasa menghina dan bermulut kotor dengan segala propaganda dan kebijakan standar gandanya, diberikan hidayah dan balasan yang setimpal, Aamiin…

Have a good time excel rider, jayalah indonesia dan katakan keep the truth alive dimanapun kalian berada !!! #SFTER #soundsfromtheexcelrider#sparepartvespaexcel #SFTC #soundsfromthec70 #spareparthondac70#adminmagangtaplaxmeja

Sang Kuda Hitam Motogp 2017 : Aprilia Racing Team Gresini

15109622_1167527993284233_3324976926544019271_n

SFTER Office – Langkah team motogp Aprilia Racing Team Gresini (ARTG) musim 2017 kian cerah, menyusul hasil test resmi di valencia belum lama ini.

Pada test resmi yang diadakan di spanyol tersebut, ARTG masuk diposisi 10 besar atau tepatnya meraih posisi ke sembilan lewat kerja keras dari pembalap Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) dengan catatan waktu 1.30.885 atau hanya terpaut 0,910 (seperseribu detik) dari pembalap teratas yang dicatat oleh Maverick Vinales (Yamaha Movistar) yang mencatatkan waktu terbaik 1.29.975

Tentunya hasil ini cukup menggembirakan mengingat gap dengan pabrikan lain hanya dibawah 1 detik, meski pembalap kedua dari ARTG yaitu Sam Lowes tidak membukukan catatan karena absen dalam sesi test resmi kali ini, dikarenakan faktor cedera yang dialaminya saat terjatuh pada saat debutnya di kelas motogp bersama team yang notabene dimiliki oleh pabrikan raksasa Piaggio Group ini.

At least publik balap dunia motorsport kini sangat serius mengamati langkah yang ditempuh oleh team asal italia ini. Terutama aprilia sendiri, bisa dikatakan merupakan salah satu team debutan bersama KTM (Austria) dalam kelas motogp, dimana keduanya akan bersaing ketat dengan raksasa pabrikan besar lainnya semisal, Honda (Jepang), Yamaha (Jepang), Suzuki (Jepang) dan Ducati (Italia).

The last but not least, semoga saja Aprilia meraih hasil positif dan mampu bersaing dalam 2nd atau 3rd row dalam pagelaran motogp musim 2017 mendatang. Pastinya scooterist sedunia pun mendoakan agar kiprah mereka sukses dan berpotensi mengharumkan nama besar Piaggio Group dalam ajang balap sepeda motor kelas prototype tingkat tertinggi dimuka bumi ini.

Finally meski ducati juga merupakan team yang sama dengan Aprilia karena berasal dari italia. Namun media justru lebih banyak menuliskan Aprilia ialah team pabrikan yang lebih berasa italia. Pastinya sangat menarik untuk ditunggu bagaimana kiprah dari salah satu pabrikan yang turut berjasa dalam karier Valentino Rossi semasa muda dulu, dalam debutnya di ajang kejuaraan motogp. Bahkan Carlo Pernat turut ikut berkomentar mengenai capaian yang dihasilkan oleh Aprilia Racing Team Gresini.

“Tentang aprilia saya pikir itu catatan yang positif, mendapatkan waktu yang baik dengan Espargaro. Sejujurnya aku tidak berpikir masih ada kesenjangan, tapi itu pasti adalah kabar baik bagi kita Italia…” – Carlo Pernat –

piaggio-group

For your info :
Mengapa don carlo pernat mengatakan Aprilia “sebagai italia”, itu tidak terlepas dikarenakan Aprilia lebih italia di bandingkan dengan Ducati sekalipun.

Ducati sendiri saat ini kepemilikan sahamnya sebagian sudah dijual ke pabrikan raksasa Audi. Jadi bisa dikatakan ducati masa sekarang ini darahnya itu bercampur jerman punya.

So’… Jangan lupa dukung Aprilia everybody, Forza Aprilia Jayalah Piaggio Vespa !!! Lebih Baik Naik Vespa …
#SFTER#soundsfromtheexcelrider #sparepartvespaexcel#adminmagangtaplaxmeja

Pic : Aprilia Racing Team Gresini dengan sponsor logo Piaggio Group dan Dellorto pada livery motor jelang balap motogp 2017.