Halogen Vespa Excel

pic_vespa_7485

SFTER Office – Untuk kendaraan yang diproduksi medio 1980an akhir, si kepala kotak ala robot ini cukup memberikan pesona tersendiri, tidak hanya cukup membuat para penikmatnya geleng-geleng kepala, jika merunut sejarah mengenai beberapa spare part yang digunakan oleh motor dengan kubikasi 150cc genre 2 Tak lansiran piaggio vespa ini.

Seperti halnya dalam sektor pencahayaan atau lampu utama dari motor yang memiliki varian 150cc & 200cc ini. Disini excel series dibekali dengan headlamp halogen yang memiliki kode lampu H4 dengan ukuran voltase watt 12V-45/40W.

Bohlam dengan jenis serupa tapi tak sama dengan watt yang sedikit berbeda dapat juga kita temui pada varian motor tipe premium lansiran made in japan, semisal honda cbr250 dan juga kawasaki klx250.

Pastinya bohlam dengan kode H4 ini memiliki tingkat pencahayaan dan panas yang jauh lebih tinggi daripada bohlam konvensional ataupun juga dengan bohlam HS1 sekalipun yang notabene memiliki bentuk soket dan jumlah terminal yang sama dengan bohlam tipe H4.

thumb_vespa_3879

Lantas apa saja perbedaan antara bohlam tipe H4 dan juga HS1 yang kini banyak dijumpai pada kendaraan modern dewasa ini ???

Perbedaan mendasar dari keduanya sendiri, salah satunya ada pada bentuk penampang ujung lampunya. Dimana pada tipe bohlam H4 pada bentuk ujungnya terlihat jauh lebih pendek dan sedikit membulat, dibandingkan dengan kepala dari bohlam tipe HS1 yang didesign memiliki ujung lampu dengan bentuk fisik lebih runcing.

Kemudian perbedaan pada poin berikutnya yaitu ada pada voltase watt-nya. Dimana bohlam HS1 ini didesign khusus untuk motor dengan daya 35/35 watt atau dibawahnya. Sementara bohlam H4 sendiri, didesign khusus untuk dapat diaplikasikan pada motor yang memiliki daya 45/40 watt sampai diatasnya atau rata-rata sampai dengan 60/55 watt.

856219_d69c9fcf-a320-4493-be69-954a00aa8dcf

Maka dari itu sangat tidak dianjurkan apabila motor yang telah didesign suatu pabrikan sepeda motor yang dibekali dengan bohlam HS1, kemudian diganti dengan bohlam tipe H4. Karena jika dipaksakan untuk diterapkan, pada umumnya panas yang dihasilkan dari bohlam H4 akan dengan sangat mudah membuat reflektor dari HS1 meleleh dan bahkan bukan tidak mungkin bisa berpotensi terbakar.

Oleh sebab itu, beberapa sepeda motor yang didesign suatu pabrikan telah dipersenjatai dengan bohlam H4 langsung dari pabriknya, rata-rata memiliki ciri bentuk reflektor yang lebih tebal agar mampu menahan panas. Selain itu, beberapa pabrikan sepeda motor juga melengkapinya dengan mendesign reflektor yang dilapisi pelat berlapis coating krom. Hal itu sendiri dilakukan semata-mata agar reflektor tersebut benar-benar memiliki kemampuan yang kuat dalam menahan suhu panas yang dihasilkan oleh bohlam tipe H4 tersebut.

20-200

Selain dibekali dengan reflektor yang kuat dan tebal. Pada umumnya mika rumah lampu dari motor yang mengaplikasi bohlam tipe H4, rata-rata memiliki dimensi ruang yang besar, serta memiliki penampang berbahan kaca atau biasa kita sebut juga beling, semata-mata agar headlamp set mampu menahan panas yang dihasilkan oleh bohlam H4.

Bagaimana…??? jadi tahu dan kini lebih mengetahui kan, mengenai beberapa keunikan dari vespa excel lansiran piaggio ini ? Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf diatas, vespa excel ini meski diciptakan medio 1980an akhir, nyatanya telah dibekali dengan sistem pencahayaan yang bisa diandalkan, bahkan setara dengan lampu-lampu motor premium jenis sport dan adventure lansiran pabrikan tetangga sebelah.

How cool is that everybody’… Vespa menerapkan lampu H4 pada jenis motor yang dilaunching 1980an akhir silam, sementara pabrikan tetangga justru baru menerapkannya medio pertengahan 1990an. Terbukti kan, karena rasa dari eropa memang tak pernah bohong, dimana slogan “Lebih baik naik vespa itu memang nyatanya terbukti exceed your expectation…”.

The last but not least, jangan lupa bahagia dengan senantiasa melaksanakan ibadah hanya kepada Maha Besar Allah SWT.
Kemudian utamakan safety riding dan menghargai sesama pengguna jalan raya, tidak hanya selalu mendoakan para oknum pemimpin bangsa yang pongah, serta terbiasa menghina dan bermulut kotor dengan segala propaganda dan kebijakan standar gandanya, diberikan hidayah dan balasan yang setimpal, Aamiin…

Have a good time excel rider, jayalah indonesia dan katakan keep the truth alive dimanapun kalian berada !!! #SFTER #soundsfromtheexcelrider#sparepartvespaexcel #SFTC #soundsfromthec70 #spareparthondac70#adminmagangtaplaxmeja

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s