Sounds From The Excel Rider #SFTER – Fork Vespa Excel

img_2778
Ada yang bilang fork dengan konstruksi 2 seperti excel series kurang kuat, jika dibandingkan fork 3 seperti milik kakak-kakaknya excel. Hal itu sendiri sering ditemui ketika mimin berada dalam suatu jumpa pers, baik dalam dunia nyata ataupun forum dunia maya sekalipun. Hemat mimin roda depan terasa goyang menunjukkan fork terindikasi bermasalah ataupun dirasa kinerjanya kurang maksimal itu lebih kepada harus ada pergantian beberapa suku cadang. Disini bukan karena sistem fork 2 tidak lebih baik dari sistem fork 3.

Artinya selama perawatan dilakukan secara berkala dan mengutamakan menggunakan spare part oem atau versi racing aftermarket berkualitas, InsyaAllah gejala fork goyang itu pun susah ditemui. Perihal opini mengenai fork 2 sering bermasalah, mimin rasa itu hanya mitos belaka. Tentunya bagi para scooterist yang selalu utamakan logika, pasti tidak akan menelan mentah-mentah opini dari sebagian oknum yang menyatakan fork ini tidak lebih baik dari kinerja fork 3.

copy-of-vespa-125-ts-pole-position-1985

Hal yang perlu kita ingat ialah vespa excel series ini dibekali dengan mesin yang memiliki karakater “galak” pada putaran bawah. Hal ini pun sudah menjadi rahasia umum, jika pada posisi gigi 1 pun, dengan hanya memainkan 1/4 putaran gas, lalu handle kopling dilepaskan pada rpm tertentu. Roda depan vespa excel akan sangat mudah terangkat atau wheelie. Terlebih vespa excel ini dibekali dengan kopling lobang 7 yang dikenal cukup “ganas” dan menjadi favorit bagi sebagian khalayak scooterist, baik untuk rider fork 3 sekalipun.

Perlu diketahui, gaya berkendara rider juga turut mempengaruhi kinerja dari kendaraan itu sendiri. Semakin kita “ugal-ugalan” dalam berkendara, tentunya akan turut membuat usia pakai suku cadang menjadi lebih singkat.

Klo variabelnya dibanding-bandingkan fork 3 lebih awet dan lain sebagainya. Kita harus pastikan validitas data itu melalui riset secara faktual. Disini perlu ditekankan sekali lagi, jikalau dibandingkan dengan vespa fork 3 sekalipun, kita harus pastikan mesin tua fork 3 yang dijadikan perbandingan tersebut haruslah memiliki power yang sama dengan excel series yang notabene memiliki takdir dengan fork 2.

Bagaimana kita mengetahui fork 3 lebih kuat dari 2. Jika mesin muda yang “terlatih” berlari 110/jam dengan pengapian CDI. Disama-ratakan dengan mesin tua yang belum tentu berlari 110km/jam dengan pengapian platina misalnya, just in case telaah dulu sebelum mengambil kesimpulan. Karena 2016 ini adalah tahun dimana seharusnya mitos yang tidak berdasar itu wajib hilang, supaya menjadi cerdas itu bukan lagi merupakan sebuah pilihan, namun justru akan menjadi sebuah virus yang positif dan memajukan kualitas dari SDM bangsa yang kita cintai ini Negara Kesatuan Republik Indonesia.

No offense, hanya saja pihak DMI sendiri sebagai perusahaan yang ditunjuk Vespa di tanah air ini pun sudah memikirkan dengan matang, dimana penggunaan fork 2 ini tidak serta merta mengurangi kualitas dari line up dari vespa itu sendiri. Mereka pastinya lakukan riset mengenai hal ini, dimana semua perusahaan pasti memiliki divisi riset yang kompeten di bidangnya. Terlebih DMI sendiri memang berafiliasi dengan Vespa yang semua ketahui merupakan anak perusahaan dari Piaggio Grup yang juga memiliki perusahaan dengan genre “aliran balap” berlabel aprilia, derbi, gilera dll.

Final thought : Tidak harus mengganti fork 3 untuk excel series. Karena fork 2 ala pabrikan pun cukup digdaya meredam keganasan power excel. Klopun dirasa membutuhkan perawatan ekstra, excel rider hanya perlu cek kelayakan suku cadang shockbreaker depan original equipment manufacturing, kemudian cek bearing atau laher roda dan pastikan menggunakan produk asli DMI yang harganya pun cukup terjangkau. Selebihnya secara berkala jangan lupa cek juga bagian as rem depan, as roda depan dan bearing komstir yang juga wajib diganti secara berkala, agar memberikan kenyamanan berkendara yang optimal, seperti halnya kendaraan yang baru keluar dari pabrikan.

Berikut ini ialah beberapa suku cadang yang bisa excel rider catat, agar kinerja roda depan vespa excelnya selalu optimal. Check this out excel rider, We are what ? Yes We Are Sounds From The Excel Rider Indonesia #SFTER !!!

  • SHOCKBREAKER

325-2000

  • GUDGEON PIN ASSY (Hub Pin Kit / As Ayun)

as-ayun-vespa-excel-49-500

  • BEARING RODA

 

laher-roda-depan-vespa-xl-ukuran-laher-6202-30-400

  • AS RODA DEPAN

75-800-as-roda-depan-excel

  • KEPALA BABI RODA DEPAN

115-1000

  • KOMSTIR SETANG

komstir-vespa-45-100

Informasi Spare Part Lainnya Bisa Kunjungi Link Dibawah ini : https://www.facebook.com/sparepartvespaexcel/posts/1100271133343253:0

The last but not least, jangan lupa utamakan safety riding dan senantiasa rendah hati. Karena sepeda motor itu hanyalah alat yang kita gunakan untuk membantu aktifitas harian kita. Selebihnya dunia ini pada dasarnya hanya bersifat sementara, dimana segala benda atau apapun yang ada dalam dunia ini pastinya tidak ada yang abadi. Karena yang fana adalah waktu, sementara kita abadi. Abadi dalam artian diri kita seutuhnya milik Allah SWT.

Selamat berakhir pekan untuk semuanya, mohon dimaafkan apabila ada salah-salah kata, damai selalu ibu pertiwi dan jayalah Indonesia, settong vespa sajuta sodara.

#SFTER #Soundsfromtheexcelrider  #Spareparthondac70  #SFTC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s