★ SFTER : Review Test Merk Oli Samping Untuk Vespa Excel ★

13442339_1044465992257101_6536566094959779788_n

★ SFTER : Review Test Merk Oli Samping ★
Membahas oli samping untuk motor 2 langkah, memang seakan tiada habisnya. Perang tekhnologi pun tak ayal membuat tiap pabrikan oli samping mengeluarkan segala jurus andalan, insinyur dibalik tiap pabrikan pun dipaksa menemukan formula terbaru yang pada akhirnya memanjakan para konsumen. Terlepas dari semua dinamika tersebut, tak lupa admin magang taplaxmeja ucapkan, terima kasih untuk para team research and development tiap pabrikan oli samping yang telah memberikan produk-produk berkualitas dipasaran saat ini.

Pastinya hal yang harus pertama diperhatikan untuk urusan pemilihan oli samping ini ialah, alangkah baiknya kita tidak mencampur oli samping dengan berbagai merk ke dalam tangki bahan bakar. Jadi sebaiknya pastikan kuras habis terlebih dahulu sisa oli samping yang telah kita pergunakan, sebelum akhirnya kita menggunakan merk oli samping lainnya.

Hal ini semata-mata perlu diperhatikan, karena masing-masing produk mempunyai lapisan film yang berbeda-beda pada saat proses pembakaran. Klopun dicampur dengan berbagai merk, belum tentu bisa saling menyatu karena zat kandungan yang ada dalam sebuah merk oli samping pastinya sangat berbeda antara satu dan lainnya.

Kemudian salah satu hal penting lainnya yang sangat wajib diperhatikan ialah lebih baik kita membiasakan menggunakan oli samping yang semi sintentik, jika memang kendaraan atau motor harian kita dalam keadaan standar pabrikan.

Sementara itu berbeda halnya, jika kendaraan atau motor harian yang kita pergunakan ini sudah full spek kompetisi, dimana umumnya spek motor ini diperuntukkan untuk keperluan ajang balap saja. Artinya sudah menjadi suatu keharusan untuk tipe motor spek kompetisi memakai oli samping full sintetik ataupun racing only.

Kesimpulan untuk tips memilih oli samping yang berkualitas yaitu apabila motor yang kita pergunakan memiliki spek standar pabrikan, ya biasakanlah memakai oli samping tipe mineral ataupun semi sintetik. Karena tipe oli samping racing only sendiri memiliki zat aditif yang hanya dapat terbakar sempurna, pada saat suhu mesin mencapai titik tertentu atau diatas rpm normal saat kita berkendara harian yang identik bersifat stop and go.

Dan dibawah ini ialah beberapa tipe oli samping motor 2 Tak.
Berikut data keterangan mengenai grade viksositas dan juga jenisnya, mulai dari oli samping tipe mineral, semi synthetic, full synthetic dan tentunya tipe racing only yang biasa dipergunakan untuk kepentingan balap. Semoga informasi ini bermanfaat, sounds from excel rider and check this out 2T lover :

★ Oli Samping Tipe Mineral :
– AGIP 2T (JASO FB)
– Castrol GO! 2T (JASO FB)
– Evalube 2T (API TB)
– Shell Advance SX (JASO FB)
– Total 2T Special API TC (JASO FB)

★ Semi Synthetic :
– AGIP City 2T (JASO FC)
– AGIP 2T F1 Semi Synthetic (JASO FC)
– Castrol Activ 2T Low Smoke JASO FC
– ELF IndoOil CX800 2T Smokeless Semi Synt (JASO FC)
– ELF 2T Moto Sport SP Semi Synthetic (JASO FC)
– Eneos 2T City Semi Synt (JASO FC)
– Fuchs Comp-2 Injector (JASO FC)
– Gulf Power Trac 2T (JASO FC)
– Idemitsu Racing 2T Semi Synthetic (JASO FC)
– Idemitsu Extreme Semi Synthetic (JASO FC)
– Kawasaki Genuine Oil 2T Semi Sinthetic (JASO FC)
– Motul 510 Technosynthese (JASO FD)
– Nixol 2TRX Semi Synthetic (JASO FC)
– Petronas Sprinta 2T 4000 Synthetic Blend (JASO FC)
– Shell Advance VSX (JASO FC)
– SPC 2T Special Super Perfumed (API TC)
– SPC 2T Alpha Super Perfumed (JASO FC)
– SPC 2T-S Perfumed (JASO FC)

★ Full Synthetic :
– AGIP 2T Speed Full Synthetic (JASO FC)
– Bardahl 2T Synthetic (JASO FC)
– Castrol Power 1 (JASO FD)
– Gasoli 2T Super Sporty G1000 (API TC)
– Motul 710 100% Synthese (JASO FD)
– Petronas Sprinta 2T 5000 100% Synthetic (JASO FC)
– RedMax ProBlend 2 Cycle Engine Oil (JASO FD)
– Repsol 2T Syntetico API TC (JASO FC)
– STP 2T Low Smoke Perfumed Synt (JASO FC)
– Total 2T Hi-Perf Full Synthetic (JASO FD)
– Vistra 2T 500 Full Synthetic (JASO FC)

★ Racing Only :
– Castrol A747 Castor
– Castrol TTS 2T Full Synthetic Racing
– IP Sintiax Max Competition 2T
– Silkolene 2T PRO2 Electrosyntec 100% Synthetic Ester
– Shell Racing X 2T
– Motul 800 Road Racing Factory Line Double Ester 100% Synthese

★ Final Thoughts :

Berikut ini ialah beberapa hasil test merk oli samping yang dicoba dengan motor harian tipe vespa excel  lansiran 1995 dengan spek standar pabrikan yang digunakan sehari-hari.
Tentunya menggunakan metode 1 liter bahan bakar pertamax yang dicampur dengan 25ml oli samping yang mimin masukkan keduanya dalam 1 tangki bahan bakar. Sementara saat pengujian sendiri dilakukan di jalanan perkotaan yang menuntut rider sering buka tutup gas atau stop and go, meski tidak jarang gas digeber sampai 3/4 putaran hingga mesin teriak kencang.

★ Evalube 2T
– oli tipe mineral
– dampak terhadap mesin memiliki kecendrungan berkerak
– menghasilkan asap tebal
– harga sangat terjangkau
– dapat ditemukan dimana aja
– mesin cepat panas bahkan engine sempat alami “jammed”
– suara mesin terdengar cukup kasar

★★ Shell SX 2T
– oli tipe mineral
– dampak terhadap mesin memiliki kecendrungan bersih
– menghasilkan asap tipis dan wangi
– harga relatif murah
– tersedia dimana mana
– mesin cepat panas
– suara mesin cenderung bersuara kasar

★★★ Shell VSX 2T
– semi sintetik
– mesin bersih
– asap kendaraan tipis
– wangi
– harga lebih mahal dari shell SX 2T
– Suara mesin kasar dan cepat panas
– susah ditemukan di toko/bengkel kecil

★★★★ Eneos 2T City Asia
– oli tipe semi sintetik
– mesin sedikit berkerak tapi mudah dibersihkan
– sedikit berasap dan wangi
– suara mesin halus
– suhu mesin stabil
– harga relatif murah
– susah ditemukan di toko/bengkel kecil

★★★★★ Motul 510 2T
– oli tipe semi sintetik
– Mesin sangat bersih
– tidak ada oli sisa pembakaran di knalpot
– nyaris tak ada asap
– suara mesin halus
– suhu mesin stabil
– harga relatif mahal
– susah ditemukan di toko/bengkel kecil

Semoga informasinya bermanfaat, mohon dimaafkan apabila ada salah-salah kata. Konsumen layak mendapatkan kualitas produk yang terbaik. Meski semua pada akhirnya dikembalikan kepada khalayak umum, mau memilih produk apapun semua disesuaikan dengan kebutuhan para rider scooterist itu sendiri. Finally pabrikan berkualitas tentunya  memiliki portfolio perusahaan yang luar biasa, sementara line up produk yang ditawarkan pun pada umumnya beragam dan harga yang berbanding lurus dengan kualitas itu memang nyata adanya.

#SFTER  #soundsfromtheexcelrider #sparepartvespaexcel

Source : https://www.facebook.com/sparepartvespaexcel/photos/?tab=albums

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s