Speedometer Vespa T5 vs Speedometer Vespa Excel

Sounds From The Excel Rider ‪#‎SFTER‬

13254102_1028145253889175_2798997506076657339_n

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya. Vespa excel 150cc (1992-2007) memiliki banyak kemiripan dengan Vespa T5 (1985-1992) yang notabene produk global dari piaggio vespa italy.

Selain pada kubikasi T5 (125cc) yang lebih kecil dibandingkan Excel (150cc), beberapa perbedaan keduanya terletak pada hal berikut ini :
1. Kubikasi 125cc (T5) vs 150cc (excel)
2. Per kopling 6 (T5) vs 7 (excel)
3. Speedometer
4. Autolube oil system
5. Gear Ratio
6. CDI (cmiiw)
7. Double starter (cmiiw)
8. Muffler
9. Lubang isap 5 (T5) vs 3 (Excel)

Seperti yang terlampir pada gambar. T5 dan Excel memiliki beberapa perbedaan pada panel speedometernya. Dan pada kesempatan kali ini, mimin yang masih newbie ini akan coba membantu menjelaskan sedikit dari banyak hal yang belum mimin ketahui mengenai vespa excel selama ini :

• Batas Maksimal Kecepatan
– Firstable… Pada T5 sendiri batas kecepatan kendaraan terlampir lebih besar dibandingkan Excel series. Disana T5 memiliki batas maksimal kecepatan 130km/jam. Sementara Excel sendiri hanya 120km/jam.
• Odometer
– Untuk odometer sendiri secara penempatan hampir mirip dan bisa dikatakan serupa tapi tak sama, dikarenakan ada perbedaan pada grafis dari panel speedometer secara keseluruhan.
• Indikator Kapasitas BBM
– Seperti yang terlampir, indikator sisa bbm hampir bisa dikatakan mirip penempatan posisinya. Disini hanya berbeda sedikit dalam hal grafisnya saja.
• Indikator Lampu
– Pada indikator lampu. Posisi penempatan 80% hampir mirip. Dari sebelah pojok kanan ada lampu jauh, geser ke sebelahnya ada indikator lampu dekat, kemudian diposisi paling tengah ada indikator lampu sein kanan-kiri, lalu ada lampu indikator persneling posisi netral dan 20% perbedaan yang mencolok hanya pada indikator autolube oil system yang tidak tersedia pada T5.
• Indikator RPM
– Terakhir ada indikator RPM yang disematkan pada tipe T5 yang notabene lahir di italy dan dipasarkan secara global ke seluruh dunia pada medio 1985-1992. Sementara pada tipe Excel sendiri, fitur penunjuk putaran mesin ini terpaksa kena sunatan massal. Sekedar catatan, indikator rpm atau putaran mesin pada T5 ini, menggunakan sistem digital seperti yang biasa diterapkan pada motor keluaran terbaru made in jepang saat ini.

The last but not least, speedometer T5 sendiri secara keseluruhan lebih terkesan mengikuti kaidah DFF. Artinya fitur indikator rpm ini cukup mempermudah pengendara melihat putaran mesin saat ingin berganti gigi persneling, finally adanya indikator rpm digital dan paduan sistem analog digital tersebut menjadikannya layak untuk diaplikasi pada excel series.

Bicara harga sendiri, di pasar global speedometer ini menyentuh angka 3 juta rupiah. Termasuk sangat mahal memang, dikarenakan produk ini made in italy. Akhir kata, semoga info sederhana ini bermanfaat, mohon dimaafkan apabila ada salah kata dan informasi…
-adminmagangtaplaxmeja- undur diri, salam mesin kanan, cukup sekian terima pesanan unit excel dan aksesoris lainnya…

‪#‎soundsfromtheexcelrider‬ ‪#‎spareparthondac70‬ #SFTER

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s