Honda Verza Tiba-Tiba Mogok ? Berikut Ini Ialah Kronologi Analisa Serta Solusinya

IMG_4548

Sudah jatuh tertimpa tangga… Itulah salah satu kalimat yang cocok untuk menggambarkan situasi saat itu. Singkat cerita beberapa minggu yang lalu, Mimin mendapatkan  bonus di akhir tahun. Mimin mendapatkan ceramah singkat dari atasan alias Pak Bos, lantaran HP milik toko dengan PIN BB 265B389A Raib digondol maling.

Kejadian itu sendiri bermula saat mimin ditugaskan oleh atasan untuk kunjungan industri alias cek produksi jahitan ke factory office sparklinc yang ada di area kota bandung. At least perasaan senang bercampur suka seketika seakan-akan hilang. Karena belum 24 jam mimin disana, BB Toko yang mimin gunakan untuk berkomunikasi dengan Pak Bos lenyap dan raib diambil tangan-tangan tidak bertanggung jawab.

Malam itu juga BB dipastikan hilang dan masih ingat saat itu mimin dari rumah buku di kawasan jalan supratman, klo tidak salah selesai dari tempat buku, mimin arahkan kaki ke salah satu masjid yaitu masjid pusdai bandung. Setelah itu Hp entah dimana dan seketika Pak Bos mulai ceramah via sms. seraya khawatir Handheld tersebut dimanfaatkan pelaku untuk melakukan hal yang tidak diinginkan, karena PIN bb 265B389A tersebut memang merupakan official PIN yang telah digunakan toko selama beberapa tahun terakhir.

Akhir kata meski dengan wajah pucat pasi, akhirnya mimin meminta maaf kepada Pak Bos atas kejadian tersebut. Karena memang mimin yakini kejadian itu sudah merupakan sunatullah ataupun suratan takdir. The last but not least, semoga pelaku diberi hidayah dan di selamatkan atas segala perkara baik di dunia ataupun di akherat kelak, Aamiin.

IMG-20140829-02069.jpg

Skip… Back to the topic of this article. Dimana motor verza milik toko yang kadangkala mimin gunakan untuk aktifitas mendadak mogok saat digunakan. Perasaan jengkel dan kesal memang pasti dirasakan, motor ini sendiri lansiran 2014 dan dibeli Pak Bos medio agustus, serta saat ini telah mencatatkan odometer dengan jarak tempuh sejauh 15.000 KM.

Pergantian oli secara berkala memang selalu dilakukan. Namun karena satu dan lain hal, Pada dasarnya motor ini sendiri memang lebih banyak digunakan oleh adik Pak Bos. Singkat cerita kala itu motor tiba-tiba mogok dan susah dinyalakan, meski sudah distarter berulang-ulang dan kita coba untuk menghidupkannya dengan kick starter atau dislah berkali-kali pun, motor tak kunjung hidup.

Berikut ini ialah kronologinya :

  •  Percobaan pertama kita starter berulang-ulang. Lampu utama atau headlamp serta Indikator di speedometer nyala normal seperti biasa. Dicoba berulang-ulang starter mesin tidak mau menyala. Sekedar catatan tambahan, bensin dalam tangki tersedia sekitar 1 liter dan kami yakini masih cukup untuk bisa menghidupkan kendaraan yang dirilis AHM dalam 2 versi yaitu versi Cast Wheel dan Spoke Wheel ini.

 

  •  Percobaan selanjutnya kita coba kick starter atau dislah berulang-ulang dan selama 50 kali kita coba hidupkan dalam waktu 30 menit. Motor pun tak kunjung hidup, meski saat dislah ke 40x sempat hidup sebentar lalu mati dalam hitungan 3 detik. Catatan tambahan, lampu depan mulai meredup sinarnya dan lampu pencahayaan indikator speedometer mulai kurang stabil. Namun tidak ada gejala-gejala semacam sensor kode malfunction pada sistem motor yang dibekali mesin injeksi dengan kubikasi 150 cc ini.

100_2351[1]

  •  Kemudian langkah berikutnya kita coba buka busi verza dan cek kondisi terkini dari warna kepala busi motor yang telah digunakan sejak 0 km – 15.000 km atau selama 16 bulan terakhir ini. Terlihat kepala busi memang tidak merah bata dan lebih dominan cenderung putih alias kering maksimal, menunjukkan setelan bensin sepertinya terlalu irit. Namun ini mungkin memang sudah sesuai standar dari setelan bengkel resmi pabrikan yang memang dikenal handal menciptakan motor irit dengan tagline andalannya yaitu satu hati.
  •  Selanjutnya pada tahap terakhir ini, kita coba membuka jok motor dan membongkar body samping motor atau tepat dibagian penutup aki. Kita coba membuka cover samping kanan dan kiri. Disini kita mencoba mengecek aki, beberapa sikring/sekring aki serta kabel body dan tak lupa mengecek semacam sensor dibagian rangka belakang. Setelah kita coba melihatnya dengan seksama, Fixed kabel semua dalam keadaan normal dan tidak ditemukan kabel terkelupas ataupun putusnya kabel yang bisa saja akibatkan malfunction pada sistem injeksi. -cmiiw-

IMG_7534

Berikut Hasil Analisa Sederhana Berdasarkan Kronologi Diatas :

Pada awalnya kita coba untuk terus menghidupkan motor dengan melakukan starter berulang-ulang disertai jeda sekitar 30 menit. Kemudian kita ambil opsi klasik yaitu lakukan kick starter berulang-ulang sampai mesin mau hidup. Disini tentunya kita melakukannya dengan disertai jeda selama kurang lebih 30 menit.

Dari beberapa hal diatas ini kita dapat pastikan kondisi dinamo starter ok atau dalam kondisi aman alias normal, ketika dislah atau kita coba lakukan kick starter berulang-ulang juga normal dan menunjukkan motor normal atau tidak mengalami gejala hilang kompresi atau ngelos ketika dislah. Pada akhirnya memang motor tetap tidak mau hidup, walau motor sempat nyala sebentar lalu mati kembali.

Dan merunut pada kronologi diatas. Akhirnya kita menyimpulkan bahwa motor ini tidak bisa hidup normal dikarenakan 2 permasalahan yaitu, kondisi aki yang memang sudah lemah, pun sama halnya dengan keadaan busi yang memang seharusnya wajib diganti secara berkala antara 10.000-15.000 km.

100_2360[1]

Kali ini dengan wajah yang berseri-seri agak happy, karena merasa telah menemukan akar permasalahan dari Verza yang mendadak mogok. Mimin langsung berangkat ke sekolah. Maaf maksudnya langsung mengarahkan kaki menuju bengkel terdekat yang menjual busi serta aki untuk verza.

Meskipun saat itu jam di tangan masih menunjukkan pukul 7 pagi. Dengan muka cukup happy karena perut memang telah terisi seperangkat sarapan pagi dengan menu andalan nasi lengkoh beserta gorengan bala-balanya. Mimin pun langsung bergegas ikuti salah satu anjuran pemerintah yaitu naiklah kendaraan umum, agar dapat mengurangi tingkat kemacetan di jalan raya saat beraktifitas di pagi hari.

Sekedar catatan tambahan, di area kabupaten indramayu sendiri mimin gunakan salah satu angkot yang berwarna biru. Angkot ini memiliki rute trayek yang cukup panjang yaitu berjarak 25 km sekali jalan atau kurang lebih 50 km jika pulang pergi. jika merunut pada titik pusat kabupaten mengarah ke pusat kecamatan. karena menghubungkan kabupaten kota indramayu dengan kecamatan jatibarang

Namun mimin sendiri naik angkot tersebut hanya untuk menuju bengkel terdekat. Dimana jarak antara kantor mimin dan bengkel tersebut hanya berkisar 4 km dan dikenai tarif 4.000 rupiah itupun dalam kondisi pulang pergi, lumayan murah coy #Iritology formula 😀

Bicara mengenai motor yang mendadak mogok memang kudu tenang dalam menyikapinya. Klo pun kita memiliki waktu luang yang lebih, ada baiknya jika kita mencoba untuk memperbaikinya sendiri. Dalam artian jangan langsung menyerah kemudian dengan wajah pucat pasi, hati dongkol menuju bengkel. Karena bisa saja permasalahan yang dihadapi, ternyata hanya seputar hal yang sebenarnya mampu kita tangani sendiri.

Klopun kita tidak memiliki waktu luang. Bisa saja sih motor dibawa ke bengkel, terima beres, lalu motor bisa dijalankan kembali. Namun kita akhirnya mengernyitkan dahi, dikarenakan tagihan biaya jasa bengkelnya yang mungkin bikin geleng-geleng kepala 😀

Dan ada catatan penting yang patut kita garis bawahi, jika motor kita mengalami mogok. Secara teoritis menurut salah satu Techincal Training Manager dari Astra Honda Training Center yaitu yang terhormat Bapak Sarwono Edhi. Motor bisa jalan bisa dilihat dari 3 faktor utama, yaitu :

  1. Pertama sistem bahan bakar
  2. Kedua sistem pengapian
  3. Terakhir yaitu kompresi

Jadi apabila motor atau kendaraan kita mogok, bisa dipastikan  salah satu dari ketiga hal yang tersebut diatas pasti ada yang bermasalah. Artinya ketiga sistem tersebut memang saling berkesinambungan. Jika salah satu bermasalah, maka seluruh motor tidak akan bekerja dengan optimal.

Secara sederhana kita bisa memulainya dengan cek sistem bahan bakar atau cek kondisi bensin dalam tangki bahan bakar. Kemudian dari piranti pengabutan yaitu karburator/injeksi, berikutnya cek mengenai selang bensin yang bisa saja dalam kondisi tersumbat, sehingga bensin  tidak bisa mengalir dengan sempurna.

Berikutnya kita cek sistem pengapian yang erat kaitannya dengan listrik. Sebab pengapian pada mesin dipicu oleh percikan api busi. Nah api bisa memantik di busi kan ditentukan oleh kondisi kabel busi & koilnya. Anggota sistem kelistrikan seperti CDI, regulator, aki, kabel body, spool, pulser, dan lainnya.

Pada kasus yang menimpa motor kantor mimin, pada akhirnya memang dipastikan motor tidak bisa berjalan optimal dikarenakan Busi dan daya Aki yang sudah lemah. Lantas, apa yang menyebabkan aki lemah ketika motor baru menempuh jarak tempuh 15.000 km ? Nanti kita akan coba bahas di paragraf terakhir artikel ini 😀

Lanjut ya mblo ? Ok…

Terakhir kalau pun masalahnya ditengarai muncul dari sistem kompresi, ini yang rada repot, soalnya kita mesti bongkar mesin. Kemungkinan ada kebocoran klep dan mau nggak mau mesti bongkar Cylinder Head di bengkel untuk memperbaiki motornya.

IMG_8772

Kesimpulan atau solusi :

Dari kasus yang menimpa mimin. Disini motor memang pada akhirnya bisa hidup dan berjalan normal kembali, pasca mimin beli busi baru untuk motor verza, sekalian membeli aki baru sesuai dengan anjuran pabrikan yaitu Aki tipe GS Sealed Maintenance Free dengan kode GTZ5S.

Untuk harganya sendiri, kemarin mimin beli sekitar 180.000 dan akhirnya keluarlah angka total pembelian spare part sebesar 205.000. Untuk pembelian busi hgp 25.000 dan aki seharga 180.000.

Sekedar tambahan, tentunya banyak faktor lain yang bisa menjadi penyebab kenapa motor injeksi yang anda pakai tiba-tiba mogok dan sangat sulit dihidupkan. Namun, salah satu penyebab kenapa beberapa motor injeksi tidak bisa hidup jika aki drop. Itu semata-mata dikarenakan Fuel pump tidak dapat bekerja optimal akibat tidak mendapat suplai daya dari Aki.

 

Dan ada fakta menarik yang ditemukan pada motor honda verza milik kantor mimin. Yaitu ditemukannya salah satu penyebab mengapa aki menjadi lemah dikarenakan ada bagian dari sepeda motor yaitu tuas handle rem depan, mengalami aus pada tonjolan bawah yang berfungsi untuk menekan switch lampu rem belakang.

100_2355[1]

Disini akhirnya mimin coba mengambil solusi sederhana tanpa perlu membeli tuas rem depan yang baru 😀 Another #Iritology nih mblo. Solusi atau trik sederhananya yaitu dengan cara memasukan selang berwarna bening seukuran selang bensin, pada bagian bawah tuas handle rem yang aus atau patah agar bisa kembali bekerja menekan switch sehingga bisa bekerja normal layaknya sedia kala.

Berbicara efek dari tuas rem yang aus ini sendiri, berakibat pada lampu rem belakang yang akan selalu nyala, sehingga lama kelamaan daya aki pun lambat laun akan menjadi drop cukup signifikan. Pada umumnya hal ini kadang tidak disadari pemilik kendaraan bermotor dan biasanya bohlam pada lampu sendiri ini pun akhirnya akan putus.

100_2358[1]

The last but not least, dari beberapa pemaparan singkat tersebut diatas. Kadang kala permasalahan besar muncul dikarenakan dari hal yang terkecil. Seperti halnya tuas rem depan yang aus ini pun, nyatanya bisa saja dengan mudah membuat kendaraan kita berjalan tidak optimal.

Akhir kata, terima kasih sudah mampir di blog sederhana yang admin magang taplaxmeja kelola beberapa tahun belakangan ini. Salam kenal untuk semua yang ada didunia blogsphere. Dimanapun kalian berada, semoga kita semua selalu bisa bersyukur atas segala hal yang telah Allah SWT karuniakan sejauh ini. Jangan lupa tetap semangat berkarya, berinovasi serta saling menghargai satu sama lain dan tentunya tetap bersikap senantiasa mawas diri, rendah hati dan mendoakan kebaikan untuk kedua orangtua & semuanya, Aamiin.

Have a good night everybody, keep the truth alive & Jayalah Indonesia !

-semoga bermanfaat-

 

Iklan

2 thoughts on “Honda Verza Tiba-Tiba Mogok ? Berikut Ini Ialah Kronologi Analisa Serta Solusinya

  1. Wiih gan ane baru pagi ini mengalami motor mogok…verza ane juga baru dari kantor…udah km71000,,,padahal baru brli 2015,,, tadi pagi tiba2 aja pas di tikungan motor ane ngadat…. Ane starter juga ga bisa ane selah malah kayak los…ane sempet panik trus buka2 di google karna di tngah sawah…. Alhasil ane selah berkali2 sambil ane glondorin motornya sambil masukin gigi…bisa idup jua….Apa mungkin kampas kopling udah aus ya gan

    Suka

    1. Sama gan masih mending pembelian tahun 2015…ane malah 2016 ..km baru 5000an..sering mati kadang ngelos kick starternya…solusi kata temen itu kopling paling ngejim katanya..eh alhasil bener setiap mati mendadak ane tinggal teken dah ntu koplingnya end starter langsung bisa hidup….kadang juga dalam posisi netral ,kontak diiudupin starter mati gan ga idup…pas ane sambari teken kopling+starter alhamdulillah…idup jg motor ane…kuncinya kopling …

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s