Sejarah Singkat Honda Win Di Indonesia 1984 – 2005

honda-win-100-sisi-kiri

Ibarat make up artis. Ada yang bilang motor jenis terbaru itu sangat moden dengan banyak keunggulan, serta mungkin akan banyak menarik minat para terong serta cabe-cabean ๐Ÿ˜€ dewasa ini (No Offense).

Namun sejarah mencatat, motor klasik itu tetaplah menarik, asyik untuk dikendarai dan tentunya menjadi suatu hal yang pastinya eksentrik, ketika kita memiliki kendaraan klasik yang pastinya akan membuat hidup kita lebih terasa unik.

Jika boleh meminjam pepatah lama karya admin adukan semen, pada saat musyawarah nasional luar biasa antar admin antar negara (Munaslub AAAN) pada desember 2014 silam di head office sparklinc @Jalan raya plumbon 115A – Indramayu – Jawa Barat – Indonesia . Beliau mengatakan :

Pada dasarnya orang yang kreatif itu pasti mampu untuk bekerja. Sementara yang bekerja itu belum pasti mampu untuk kreatif… -Admin adukan semen-

Dan sore ini kita akan kupas dengan santai artikel mengenai Honda Win yang ditakdirkan disuntik mati pada medio 2005 (The Last Product of Honda WIN Series) pasca dilahirkan pada tahun 1984 silam.

Honda Win 1984-2005
Honda Win 1984-2005

As we know, pada saat kemunculannya. Kala itu Honda WIN Diposisikan oleh PT. Federal Motor (Sekarang PT. Astra Honda Motor) untuk menggantikan seri honda Honda 90Z yang lebih dikenal dengan nama Honda Astra atau Honda S90.

Motor dengan kubikasi aktual 97cc ini pada akhirnya menjadi salah satu line up favorit pada era kejayaanya. Meski terlihat pelan namun pasti, Honda Win bisa dikatakan memang salah satu kendaraan yang sukses menarik minat banyak orang untuk membelinya.

Customized basisnya GL-Pro 1996
Customized basisnya GL-Pro 1996

Kala itu Honda Win tidak sendirian dalam tujuan utama menguasai pasar sepeda roda dua tanah air, medio 1980-2000an. Meskipun berbeda platform engine. Tercatat saat itu Honda Win 97cc ditemani juga dengan saudaranya yaitu, Honda GL-Pro neotech 145cc dan sang adik GL-Max 125cc. Tentunya kehadiran 3 varian ini untuk menjadi senjata lain dari Honda dalam menguasai market share penjualan motor sport mereka kala itu.

tiger 1993 - 20XX ?
tiger 1993 – 20XX ?

Munculnya Honda Tiger saat 1993 pun tidak mengurangi minat para loyalis serta konsumen setia dari pabrikan berlogo sayap ini. Hingga awal kemunculannya di tahun 1984, Honda WIN tercatat baku hantam dengan pabrikan lainnya. Semisal Suzuki yang mengeluarkan line up tandingan di kelas 100cc yaitu Suzuki A100.

1975_A100_sales_Luce_b900

Meski sama-sama 100cc dengan posisi mesin yang konstruksinya mirip motor bebek (posisi mesin tidur/rebah), Suzuki A100 kala itu dibekali mesin genre 2 Tak atau 2 langkah dan berbeda dengan Honda Win yang saat itu dilahirkan dengan memiliki takdir sebagai kuda besi yang dibekali mesin 4 langkah atau 4 Tak yang saat ini menjadi primadona para pabrikan sepeda motor di seluruh dunia.

The last but not least, sekali lagi Honda membuat sejarah dengan mencatatkan line up Honda Win sebagai motor yang memiliki durability ganteng maksimal, serta hemat mimin motor ini sangat bisa diandalkan di on road ataupun off road.

Terlebih dengan bobot yang ringan, harga spare part yang ramah dikantong serta mudah dimodifikasi adalah salah satu keunggulan dari produk yang di suntik mati pada tahun 2005 silam ini.

IMG_0003

Dan dipasaran pada saat ini 2015, harga jual motor lansiran 2005 dengan platform sistem pengapian CDI dan memiliki 4 percepatan ini berkisar 3 sampai 7 juta. Dalam hal ini tergantung dari keadaan dan kondisi motornya itu sendiri (subjektif).

Raja Jalanan Pada Masanya

Di tahun 2000-an, pecinta sepeda motor di Tanah Air pasti akrab dengan legenda yang satu ini. Ya, motor ini ialah Honda WIN 100. Meski saat ini pamornya memudar, namun pada masanya motor ini sangat terkenal.

Bicara profil, Honda WIN 100 ini pertama kali diluncurkan oleh PT Federal Motors pada 1984. Honda WIN 100 saat itu direncanakan hadir untuk menggantikan Honda S90, Honda 90Z atau dikenal juga dengan nama Honda Astra.

Honda S90 (1964-1969)
Honda S90 (1964-1969)

Berbeda dengan Honda S90 (1964-1969), Honda 90Z (1969-1970) ataupun juga Honda Benly (1973-1977) yang bertangki bulat, lampu bulat, filter bulat, dan lain-lainnya serba bulat, Honda WIN 100 lahir dengan desain yang lebih futuristik, dan mengkotak.

Walau dari sisi ruang bakar Honda WIN 100 masih menggendong mesin tidur berkapasitas 100cc mirip milik Honda S90z, namun dinilai cukup untuk melibas jalan di Ibu kota yang pada masanya tidak sepadat saat ini.

2207708_20131220072454

Desain bodinya ramping. Memiliki sudut-sudut yang tegas mulai dari tangki sampai buritan.Head lamp pun dibuat kotak.

Bagi mereka yang mengejar penampilan, jelas Honda WIN 100 bukan pilihan utama, karena modelnya yang terlalu sederhana. Tetapi, karena kesederhanaannya, Honda WIN 100 justru menjadi andalan bagi mereka yang berniaga.

Hal itu, tak lain lantaran motor ini terkenal irit, bandel, dan nyaman. Tak heran, jika kemudian banyak masyarakat yang memilih motor ini untuk menemani aktivitasnya sehari-hari. Untuk aktivitas berniaga, sepeda motor ini juga sudah dilengkapi dengan brecket di belakangnya untuk mengakomodir kebutuhan membawa barang.

2207708_20131220072537

Di sektor kemudi juga dilengkapi karet yang befungsi meredam getaran. Ditunjang as shock depan yang panjang dan empuk, bikin sepeda motor ini makin nyaman diajak kerja.

Honda WIN 100 diproduksi sejak tahun 1984 sampai dengan 2005, tanpa ada perubahan berarti. Karena sudah lebih dari 20 tahun melakoni debut, tak heran jika kemudian motor ini menjadi nostalgia tersendiri bagi masyarakat yang pernah memilikinya, atau pernah menaikinya.

Saat ini, di pasaran motor bekas, Honda WIN 100 dibanderol terjangkau. Setidaknya harganya tak berbeda jauh dengan motor bebek (mopad) bekas yang belum lama meluncur.

IMG_9093

Akhir kata, terima kasih buat para konsumen yang senantiasa menyukai motor klasik. Meski motor yang modern itu pasti menawan, Namun memiliki kendaraan klasik itu akan tetap menarik, asyik dan tentunya sangat menggoda ๐Ÿ˜€

Ma-001

Dan hemat mimin’… Honda Win ialah salah satu line product yang cukup bisa diandalkan, layaknya Honda C70 yang sampai saat ini masih banyak dijumpai dijalanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Thanks welovehonda and federal motor/ahm indonesia.

IMG_7890

Berikut ini beberapa foto-foto Honda Win yang sudah dimodifikasi dengan sangat apik nan kreatif oleh Bro Nabil Basalamahย and check this out everybody. Jangan lupa pegangan tangan ataupun kuatin hati karena motornya keren ๐Ÿ™‚

Foto ini mungkin basic motor sebelum dimodifikasi :

mentahan Win
mentahan Win

Terlihat keadaan alakadarnya dan basicnya memang orisinal Win :

6221950195_deaa94e1ce_o

Disini sepertinya sudah mulai dirubah. Shockbreaker full set dengan Discbrake diganti kepunyaan Honda Series lainnya yaitu Mega Pro ataupun Tiger. Dengan lampu menggunakan RX-King Series lansiran Yamaha.

6222695760_7c5d967ee1_o

Sementara pada gambar ini terlihat area Knalpot dan lehernya mengalami modifikasi dengan menggunakan knalpot Supra 125 ataupun Satria FU 150.

7213827000_b326d36600_o

Sementara kulit jok sendiri diganti dengan produk aftermarket ala kulit jeruk dan sepertinya MB-Tech CMIIW. Selain itu sektor mesin mungkin ada upgrade dengan mengganti Piston dari motor lain, Namun body serta sticker motor tetap orisinal dan benar-benar menjaga aura dari motornya itu sendiri.

7213823222_733b6ea5ed_o

Tampak sektor depan juga kini diganti lampu bulat, berikut raiser dan sepertinya setang menggunakan milik Yamaha Byson dan menemani Velg aftermarket alumunium berwarna silver dengan profil U-Shape berikut Ban aftermarket tipe harian dan memasukan spion milik honda series, sepertinya lansiran supra ataupun vario.

7213819514_85d810e878_o

Untuk Swing arm sendiri. Hemat mimin mungkin milik varian bebek honda supra 125 berikut cakram belakang dan footstepnya. Menemani shockbreaker belakang model tabung yang kemungkinan besar milik varian Honda Tiger Series berikut balancer di setang yang akan membuat kemudi lebih stabil.

7213825650_64c5dae75b_b

The last but not least. Modifikasi motor honda win ini simple tapi elegan. Disana benar-benar mengutamakan esensi kaidah ย Design Follow Function. Aura Win sendiri masih terlihat jelas dan itu salah satu poin ganteng maksimal dalam modifikasi harian karya Bro kita yang satu ini. Good Job, Great Work Om’ ๐Ÿ™‚

Semoga bermanfaat untuk menjadi referensi dalam memodifikasi motor honda win yang ternyata juga dijual di negara Viet Nam. The last but not least seperti biasanya dengan segala kerendahan hati, jangan lupa tetap utamakan safety riding dan respect each other. ย #ForeverTwoWheel

surat lengkap, pajak hidup idr 8.500.000
surat lengkap, pajak hidup idr 8.500.000

Informasi spare part tangki win ?ย Silahkan kunjungi fanpage berikut ini ๐Ÿ™‚

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s