Berani Beli Motor Berani Bayar Pajak

Selamat malam everybody, khususnya untuk jones berpangkat duka lara dan tentunya cabe-cabean, terong-terongan dan semuanya 😀

Sedikit informasi yang penting gak penting tergantung pemikiran masing-masing. Bahwa mulai Bulan Oktober 2014 ini, Pajak Progresif Kendaraan bermotor akan naik khususnya untuk Wilayah Jakarta dan kemungkinan besar kedepannya akan juga diterapkan untuk semua wilayah NKRI.

Info ini pun didapat dari artikel yang dibuat Om’ Haji TMC. Salah satu blogger papan atas alias bintang lima yang selalu jadi panutan para newbie khususnya didunia blogsphere, karena informasi-informasi akuratnya yang bermanfaat.

Aturan ini pun tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) yang merupakan revisi Perda Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pajak Kendaraan Bermotor yang telah disahkan oleh DPRD DKI Jakarta pada 23 Juli 2014 yang lalu.

Dan pajak progresif itu sendiri adalah pajak yang dikenakan kepada pemilik kendaraan bermotor yang memiliki lebih dari 1 unit. Apabila seseorang sudah memiliki 1 motor dan membeli lagi, maka pada pembelian baru itu akan dikenakan pajak progresif ke 2, progresif ke 3 dan seterusnya.

Dan formula cara perhitungan atau persentasenya yaitu dengan cara dikalikan dari Nilai Jual kendaraan bemotor (NJKB) itu sendiri. Dibawah ini adalah beberapa penjelasan dari kenaikan yang akan diberlakukan dan mulai berlaku pada oktober 2014 ini :

1]. 1.5% -» 2%
Untuk pemilik kendaraan bermotor yang pertama. Pajak progresif meningkat dari yang hanya 1.5% saja, kini naik menjadi 2%.

2]. 2% -» 4%
Untuk pemilik kendaraan bermotor yang kedua. Pajak progresif meningkat dari 2% menjadi 4%.

3]. 2.5% -» 6%
Untuk pemilik kendaraan bermotor yang ketiga. Pajak progresif meningkat dari 2.5% menjadi 6%.

4]. 4% -» 10%
Untuk pemilik kendaraan bermotor yang keempat. Pajak progresif meningkat dari 4% menjadi 10%.

Sebagai ilustrasi sederhana :

• Misalkan saja Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) sebuah sepeda motor Honda C-70 Series adalah 1.000.000

Lalu motor C-70 ini merupakan motor ke 2 atas nama anda, artinya anda akan dikenakan pajak 4%.

Maka pertahun pajak yang harus anda bayar sekitar 40.000 rupiah pertahun dan itupun kemungkinan bisa membengkak karena belum ditambah biaya yang lain-lainnya.

• Contoh lain, misalkan saja Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) sebuah sepeda motor Honda CBR 150R adalah sebesar 21.000.000

Lalu motor CBR 150R ini merupakan motor ke 4 atas nama anda, artinya anda akan dikenakan pajak 10%.

Maka pertahun pajak yang harus anda bayar bisa sekitar 2.100.000 dan itupun kemungkinan bisa membengkak karena belum ditambah biaya yang lain-lainnya.

Noted :
Ingat kenaikkan prosentase pajak progresif ini dikenakan mulai pada kendaraan pertama. Jadi meskipun kita hanya memiliki satu kendaraan bermotor pun, pasti terkena kenaikkan pajak progresif ini dan tentunya kategori mobil dan motor itu berbeda.

Update info :
Untuk wilayah indramayu sendiri, sesuai dengan info yang mimin dapatkan pagi tadi melalui kabar tetangga sebelah yang rumahnya paling kanan.

Dikatakan jika pajak progresif mobil dan motor itu berbeda kategorinya. Artinya jika kita sudah memiliki 1 mobil atas nama sendiri, lalu memiliki motor atas nama diri sendiri itu tidak terkena pajak progresif tingkat 2 dan seterusnya.

Dikarenakan berbeda kategori terkecuali kita memiliki 2 mobil atas nama sendiri, begitupun jika kita memiliki motor 2 unit dan seterusnya. Oleh sebab itu jika kita sudah memiliki 1 mobil dan 1 motor. Artinya masih aman masbro’… Karena itungannya berbeda sesuai kategori baik itu mobil ataupun motor.

Dan dari info yang mimin dapatkan beberapa menit yang lalu. Masih melalui kabar dari tetangga yang kebetulan bekerja di samsat (indramayu).

Beliau menyatakan mekanisme pajak saat ini (khusus indramayu) sendiri secara sederhananya begini :

• Jika kita sudah punya motor 1 unit atas nama diri kita sendiri. Lalu contoh kasusnya kita membeli motor lagi untuk kedua kalinya dan seterusnya atas nama yang sama atau diri sendiri. Nanti akan dikenakan biaya tambahan extra atau pajak progresif sebesar kurang lebih :
-175.000 untuk motor kedua
-275.000 untuk motor ketiga
-375.000 untuk motor keempat (maksimal)*
*Motor kelima, keenam dan seterusnya akan tetap ikut ke batas maksimal.
-CMIIW-

The last but not least, semoga pemerintah tidak hanya memikirkan gaji para abdi negara (yang katanya lebih mulia) saja yang terus menerus dinaikan tiap periode. Seakan-akan mereka lebih tinggi derajatnya (who do you think you are) dibandingkan rakyat biasa alias kaum jelata di bumi pertiwi ini.

Sudah seharusnya kenaikan ini diimbangi dengan fasilitas yang ikut juga dibenahi. Jalanan rusak karena kualitas aspal dan beton yang buruk, semoga diperbaiki. Tidak hanya melengkapi sistem penerangan lampu yang sangat minim di wilayah NKRI ini.

terima kasih sudah mampir 🙂

————-> the other also bought this product  🙂

Sarung Tangan / Glove by Scoyco

Saat ini sarung tangan merk Scoyco merupakan produk terlaris di pasaran karena harganya yang ekonomis. Terlebih scoyco menggunakan komposisi bahan yang lembut, sehingga membuat berkendara sepeda motor terasa lebih nyaman, stylish dan tentunya lebih safety.

Material :

Goretex Lembut, Nylon, Fabricated Leather (di beberapa bagian) serta dilengkapi protector pada bagian bahu tangan yang terbuat dari plastik tebal.

Spesifikasi material :

65% Syn leather, 20% PVC, 40% Nylon, 40% Polyster, 20% Genuine Leather
Lining Materials, 70% Polyster & 30% Foam.

Berikut ini beberapa tipe sarung tangan dan all about body protetor dengan berbagai ukuran dari merk scoyco dan brand lainnya yang agan-agan bisa pesan ditempat mimin. Tentunya via kontak sms dan bbm yang tertera dibawah ini. let’s ride and check this out 🙂

115-250_15590aa2-9bd6-4db2-ad0c-144882f95c9a

543355_ff0207c9-6a1d-4c8f-bffb-f0b2ff0ea771

115-250_439f82b1-0498-45b0-86b0-3957fd718d12

 

More info about the other product, Just click bellow this link :

Body protector lainnya bisa klik link / tautan ini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s